Tugas RPP SKI kelas VII kurikulum 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan                  : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/Ganjil
Kompetensi Inti                      :
(K1)
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2)
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3)
:
Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dab kejadian tampak mata
(K4)
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetesi Dasar                    :
3.1
Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

Nilai Pendidikan Karakter      : Fairness
Indikator Pembelajaran           :
3.1.1
3.1.2

3.1.3

3.1.4

Siswa dapat menjelaskan peta wilayah jazirah Arab
Siswa dapat menjelaskan kondisi kepercayaan masyarakat mekah dan madinah sebelum mengenal Islam
Siswa dapat menjelaskan kondisi sosial masyarakat Mekah dan Madinah sebelum mengenal Islam
Siswa dapat menjelaskan prioritas dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Madinah
Materi Pembelajaran                 : sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
Kegiatan Pembelajaran           :
Tahapan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Media Pembelajaran
Sumber Belajar
Alokasi Waktu
KEGIATAN AWAL




KEGIATAN INTI




1.      Mengamati
·      Menyimak penjelasan guru tentang sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
2.      Menanya
·      Memberikan tanggapan/respon terhadap penjelasan guru tentang  sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.      Mengumpulkan Data/ eksplorsai
·         Mendiskusikan tentang perjuangan Nabi SAW dan sahabat dalam membangun masyarakat Mekkah
·         Meneladani sifat Nabi SAW dalam kehidupan sehari-hari
4.      Mengasosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan  sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
·      Membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan
5.      Mengkomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Ceramah

















Diskusi kelompok






LCD Proyektor



























Buku paket SKI
















Teman sebaya, buku paket SKI

5 menit







3 menit









5 menit










4 menit













5 menit
KEGIATAN PENUTUP




a.  Menyimpulkan hasil pembelajaran
b.  Memberikan tugas rumah untuk peserta didik.
c.  Menutup pembelajaran
d.  Salam



3 menit
Total Waktu


Jenis Penilaian             : Tes
Bentuk Penilaian         : Tes tertulis
Instrumen Penilaian    : Tes Uraian

Soal uraian:
1.      Sebutkan fungsi masjid pada zaman Rasulullah SAW!
2.      Sebutkan sikap dari Rasulullah SAW yang seharusnya kita miliki!
3.      Apa saja yang harus dimilki oleh seorang pedagang?


Purwokerto, 3 Desember 2014

Kepala Mts




Dr. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I.



Guru SKI




Nurindah Lestari, S.Pd.I.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Format Penilaian mapel PAI Kurikulum 2013

RPP PAI kurikulum 2013 terbaru kelas V

Materi PAI kelas VII (Perilaku Terpuji)