Tugas RPP SKI kelas VII kurikulum 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII (tujuh)/Ganjil
Kompetensi Inti :
(K1)
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
(K2)
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
(K3)
|
:
|
Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena dab kejadian tampak mata
|
(K4)
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
Kompetesi Dasar :
3.1
|
Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat
melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
|
Nilai Pendidikan Karakter :
Fairness
Indikator Pembelajaran :
3.1.1
3.1.2
3.1.3
3.1.4
|
Siswa dapat menjelaskan peta wilayah jazirah Arab
Siswa dapat menjelaskan kondisi kepercayaan masyarakat mekah dan
madinah sebelum mengenal Islam
Siswa dapat menjelaskan kondisi sosial masyarakat Mekah dan
Madinah sebelum mengenal Islam
Siswa dapat menjelaskan prioritas dakwah Nabi Muhammad Saw. di
Mekah dan Madinah
|
Materi Pembelajaran :
sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi
dan perdagangan
Kegiatan Pembelajaran :
Tahapan
Pembelajaran
|
Metode
Pembelajaran
|
Media
Pembelajaran
|
Sumber
Belajar
|
Alokasi Waktu
|
KEGIATAN AWAL
|
|
|
|
|
KEGIATAN INTI
|
|
|
|
|
1. Mengamati
·
Menyimak penjelasan guru tentang sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui
kegiatan ekonomi dan perdagangan
2. Menanya
·
Memberikan tanggapan/respon terhadap penjelasan guru tentang sejarah Nabi
Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan
3. Mengumpulkan Data/ eksplorsai
·
Mendiskusikan tentang perjuangan Nabi SAW dan sahabat dalam membangun
masyarakat Mekkah
·
Meneladani
sifat Nabi SAW dalam kehidupan sehari-hari
4. Mengasosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi dan penggaliannya
berkaitan dengan sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui
kegiatan ekonomi dan perdagangan
·
Membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan
5. Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
|
Ceramah
Diskusi
kelompok
|
LCD
Proyektor
|
Buku
paket SKI
Teman
sebaya, buku paket SKI
|
5
menit
3
menit
5
menit
4
menit
5
menit
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
|
|
|
|
a. Menyimpulkan hasil
pembelajaran
b. Memberikan tugas rumah
untuk peserta didik.
c. Menutup pembelajaran
d.
Salam
|
|
|
|
3
menit
|
Total Waktu
|
|
Jenis Penilaian : Tes
Bentuk Penilaian : Tes tertulis
Instrumen Penilaian : Tes Uraian
Soal uraian:
1.
Sebutkan
fungsi masjid pada zaman Rasulullah SAW!
2.
Sebutkan
sikap dari Rasulullah SAW yang seharusnya kita miliki!
3.
Apa
saja yang harus dimilki oleh seorang pedagang?
Purwokerto, 3 Desember 2014
Kepala
Mts
Dr.
Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I.
|
Guru
SKI
Nurindah
Lestari, S.Pd.I.
|
Komentar
Posting Komentar