RPP PAI kurikulum 2013 terbaru kelas V

format RPP Kurikulum 2013 terus berubah setiap tahunnya.
berikut saya contohkan format RPP terbaru yaa gaess.
semoga bermanfaat.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah        :  SD Negeri 3 Banteran
Mata Pelajaran       :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester       :  V/Genap
Materi Pokok          : 7. Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT.
Alokasi Waktu        : 3 x 4 Jam Pelajaran (3 Pertemuan)

A.  Kompetensi Inti
     KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
     KI-2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
     KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
     KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.3  Meyakini keberadaan Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.

1.3.1 Meyakini    keberadaan Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi
2.
2.3  Menunjukkan sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
2.3.1 Terbiasa bersikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
3.
3.3  Memahami nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
3.3.1 Mengetahui makna Rasul Ulul Azmi.
3.3.1 Mengetahui nama-nama Rasul Ulul Azmi.
3.3.2  Menghafalkan nama-nama Rasul Ulul ‘Azmi
3.3.3  Menyebutkan kateladanan Rasul Ulul ‘Azmi

4.
4.3  Menunjukan hafalan nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
4.3.1 Melafalkan hafalan nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
4.3.2 Mengemukakan keteladanan Rasul Ulul ‘Azmi
4.3.3 Mengemukakan contoh perilaku yang meneladani Rasul Ulul ‘Azmi
C.  Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pertemuan I
Melalui metode diskusi, tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Meyakini keberadaan rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
2.      Menunjukkan sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
3.      Mengetahui makna dan rasul Ulul ‘Azmi.
4.      Mengetahui nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
5.      Menghafal nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi
Tujuan Pertemuan II
Melalui metode diskusi, tanya jawab, dan model pembelajaran inquiry peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan keteladanan Rasul Ulul ‘Azmi
2.      Menyebutkan contoh perilaku yang meneladani  Rasul Ulul ‘Azmi
3.      Mengemukakan contoh perilaku yang meneladani  Rasul Ulul ‘Azmi
Tujuan Pertemuan III
Melalui metode diskusi, tanya jawab, dan model pembelajaran inquiry peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan contoh perilaku yang meneladani  Rasul Ulul ‘Azmi
2.      Mengemukakan contoh perilaku yang meneladani  Rasul Ulul ‘Azmi

D.  Materi Pembelajaran
    Rasul Ulul ‘Azmi
·         Makna Rasul Ulul ‘Azmi
Adalah Rasul yang dikaruniai Allah kesabaran dan ketabahan luar biasa dalam menghadapi ujian dan cobaan.
·         Nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi (Nabi Nuh A.S., Nabi Ibrahim A.S., Nabi Musa A.S., Nabi Isa A.S., Nabi Muhammad SAW.)
·         Sifat-sifat wajib dan mustahil Rasul Allah
Sidiq artinya benar >< Kizib artinya dusta
Amanah artinya dapat dipercaya >< Khianat artinya tak dapat dipercaya
Tabligh artinya menyampaikan >< Khitman artinya menyembunyikan
Fatonah artinya cerdas >< Baladah artinya bodoh
·         Keteladanan Rasul Ulul ‘Azmi
1.      Jujur
2.      Sabar
3.      Rendah hati
4.      Ikhlas
5.      Berani

E.  Metode Pembelajaran
1.        Model pembelajaran inquiry
2.        Diskusi kelompok
3.        Tanya jawab

F.   Media dan Alat Pembelajaran
1. Media: llustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
2. Alat: LCD, Laptop

G.  Sumber Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls V. Hal. 59 s.d 63, video tentang kisah Rasul, dan peristiwa yang terjadi di sekitar peserta didik.

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan makna Rasul Ulul ‘Azmi
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.      Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, gambar, jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).

20 menit
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan ke 1
1)        Guru mengajak peserta didik untuk mengingat kembali nama-nama 25 Rasul melalui nyanyian yang sudah pernah diajarkan sebelumnya.
2)        Guru memberikan materi mengenai sifat-sifat Rasul melalui sebuah lagu.
3)        Guru meminta beberapa peserta didik sebagai model untuk menyanyikan Lagu Sifat rasul.
4)        Guru memberikan penguatan dengan menyanyikan kembali lagu sifat rasul  secara berulang yang diikuti peserta didik secara klasikal.
5)        Guru  membagi  peserta  didik  ke  dalam  5  kelompok.  Setiap kelompok diminta secara bergantian untuk menyayikan nama-nama 25 rasul sampai hafal dan mendemonstrasikannya di depan kelompok lain.
6)        Selanjutnya, peserta didik secara kelompok mencermati dan mendiskusikan tentang makna Rasul Allah yang terdapat dalam Q.S. Al-An’am ayat 48
7)        Peserta didik secara berkelompok  menghafalkan nama-nama Rasul Ulul ‘Azmi
8)        Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya mengenai makna Rasul allah dan kelompok lain ikut mencermati serta menyampaikan beberapa pertanyaan yang relevan.
9)        Guru  memberikan  penguatan  terhadap  penampilan  setiap  kelompok dengan  memberikan  penjelasan  kembali  makna Rasul Allah yang terdapat dalam Q.S. Al-An’am ayat 48 beserta tugas dan sifat yang dimilki oleh Rasul.
Pertemuan ke 2
1)      Melalui motivasi, guru mengajak peserta didik untuk mengemukakan apa yang mereka ketahui tentang makna Rasul Ulul ‘Azmi.
2)      Guru memberi penguatan mengenai  makna Rasul Ulul ‘Azmi.
3)      Guru menugaskan peserta didik untuk memaparkan kisah keteladanan Rasul Ulul ‘Azmi: Nabi Nuh A.S., Nabi Ibrahim A.S., dan Nabi Musa A.S.
4)      Untuk  memperkuat  pemahaman  peserta  didik,  guru  mengelompokkan peserta didik menjadi lima kelompok.
5)      Guru menanyangkan film mengenai kisah Nabi.
6)      Guru meminta setiap kelompok untuk mencermati dan mendiskusikan kisah teladan nabi dan rasul yang terdapat  tayangan film dan pelajaran yang dapat dipetik dari kisah teladan nabi dan rasul tersebut.
7)      Masing-masing kelompok mencari sikap keteladanan apa saja yang sudah terbiasa dan belum terbiasadilakukan di sekitar mereka.
8)      Setelah  melakukan  pencermatan  dan  diskusi,  setiap  kelompok secara bergantian  diminta  menyampaikan  hasil  pencermatan  dan  diskusinya sementara kelompok lainnya menyimak dan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
9)      Guru memberikan penguatan terhadap penampilan setiap kelompok dengan memberikan penjelasan kembali kisah keteladanan Nabi Nuh A.S., Nabi Ibrahim A.S., dan Nabi Musa A.S.
Pertemuan ke 3
1)      Guru menugaskan peserta didik untuk menganalisa keteladanan Rasul Ulul ‘Azmi: Nabi Isa A.S. dan Nabi Muhammad SAW.
2)      Untuk  memperkuat  pemahaman  peserta  didik,  guru  mengelompokkan peserta didik menjadi lima kelompok.
3)      Guru meminta setiap kelompok untuk mencermati dan mendiskusikan satu kisah teladan nabi dan rasul yang terdapat  tayangan film dan pelajaran yang dapat dipetik dari kisah teladan nabi dan rasul tersebut.
4)      Masing-masing kelompok mencari sikap keteladanan apa saja yang sudah terbiasa dan belum terbiasadilakukan di sekitar mereka.
5)      Setelah  melakukan  pencermatan  dan  diskusi,  setiap  kelompok secara bergantian  diminta  menyampaikan  hasil  pencermatan  dan  diskusinya sementara kelompok lainnya menyimak dan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
6)      Guru memberikan penguatan terhadap penampilan setiap kelompok dengan memberikan penjelasan kembali kisah keteladanan Nabi Isa A.S. dan nabi Muhammad SAW.

100 menit
3.
Penutup
a.  Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing oleh guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit

I.      PENILAIAN

·         Tugas A
Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini. Apa pelajaran yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan!
Pada tugas ini, guru dapat memberikan penilaian melalui rubrik sebagai berikut.
Rubrik Penilaian:
Kriteria
Skor
SB = Jika penjelasan mengandung unsur 1) siddiq; 2) amanah;
3) tablig; dan 4) fathanah.

100

B = Jika penjelasan mengandung tiga unsur saja dari empat
unsur yang disebut pada kolom SB
75

CB= Jika penjelasan mengandung 2 unsur saja dari empat
unsur yang disebut pada kolom SB

50
KB= Jika penjelasan mengandung 1 unsur saja dari empat
unsur yang disebut pada kolom SB

25
Keterangan:
SB = Sangat Baik   B = Baik   CB = Cukup Baik  KB = Kurang baik

·         Tugas B
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
1.      Jelaskan tujuan Allah mengutus Rasul ke bumi!
2.      Apa yang kamu ketahui mengenai Rasul Ulul ‘Azmi?
3.      Tuliskan nama-nama Rasul Ulul ‘Azmi
4.      Mengapa hanya lima orang Rasul yang diberi gelar Ulul ‘Azmi?
5.      Sebutkan 3 hal yang dapat kamu contoh dari kisah Rasul Ulul ‘Azmi!
Penskoran:
1.      Jika jawaban lengkap skor 20
2.      Jika jawaban lengkap skor 20
3.      Jika jawaban lengkap skor 20
4.      Jika jawaban lengkap skor 20
5.      Jika jawaban lengkap skor 20
Tugas C
Guru tidak memberikan skor apa pun, karena tugas ini hanyalah sarana bagi guru untuk mengetahui sejauh mana perubahan sikap yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran.
Catatan:
Guru  dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan kebutuhan.
Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut ini.





 








Kriteria dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan, santun, dll.
Keterangan:
BT = Belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT = Mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun belum konsisten).
MB = Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK = Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihat-kan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten)


J.     Pengayaan
Peserta didik diminta mengemukakan—berdasarkan apa yang mereka lihat di sekitar sekolah—perilaku-perilaku terpuji teman-temannya yang mencerminkan cinta kepada Rasul Allah Swt. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan)

K. Remidial
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai KKM pada kurun waktu yang telah ditentukan), guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Selanjutnya, guru membimbing peserta didik mempelajari hal-hal yang belum dikuasi dan melakukan penilaian kembali baik melalui tes atau penugasan sebagaimana terdapat pada poin 5. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

L.   Interaksi Guru dengan Orang Tua
Meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Ayo Berlatih” dalam buku teks kepada orang tuanya dan orang tua memberikan komentar serta paraf. Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku peserta didik. Misalnya, orang tua diminta mengamati perilaku dan sikap peserta didik yang mencerminkan sikap dan perilaku terpuji sebagaimana yang dimiliki oleh para rasul Allah dan lain sebagainya.



                                                                                                           Banteran,    21 Mei     2018





Kepala Sekolah
Guru PAdBP





Sri Sutarti, M.Pd.
NIP. 19620225 198304 2 005





Nurindah Lestari, S.Pd.I.
NIP. -

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Format Penilaian mapel PAI Kurikulum 2013

Materi PAI kelas VII (Perilaku Terpuji)