Contoh Format Penilaian mapel PAI Kurikulum 2013
assalamu'allaikum wr.wb.
Malam ini saya akan sedikit "curhat" mengenai pembelajaran PAI pada Kurikulum 2013 di SD tempat saya "belajar" mendidik anak-anak.
Saya akan membahas pembelajaran PAI, wabil khusus pada pembelajaran di kelas VI yang sebentar lagi akan menempuh UN dan US. Mata Pelajaran PAI (PAdBP dalam K.13) merupakan salah satu yang akan diujikan dalam US. Dalam pembelajaran sehari-hari, kami memakai Kurikulum 2013, baik dari perencanaan, materi, hingga evaluasi pembelajarannya. Karena di Kecamatan kami baru hanya SD kami yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, maka ketika diadakan Try Out untuk UN dan US, kami ikut serta dalam kegiatan tersebut. Padahal materi yang diujikan dalam Try Out tersebut merupakan materi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan meteri pembelajaran PAI pada K.13 dan KTSP itu berbeda. Dan akhirnya H-2 sebelum Try Out PAI, saya mengedrill anak-anak saya dengan materi yang belum saya sampaiakan dalam pembelajaran sehari-hari.
Saya masih agak sedikit lega, kendati materinya cukup jauh berbeda dan didrill dadakan, tetapi hasil yang dicapai oleh anak-anak "cukup" memuaskan. Dan hari ini saya dikagetkan kembali, bahwa ada kabar dari SD di kecamatan lain yang juga sudah memakai K.13, bahwa untuk US besok, materi Mata Pelajaran PAI akan disamakan dengan SD lain yang menggunakan KTSP. Itu berarti saya harus kembali menyampaikan materi baru yang belum diajarkan kepada anak-anak kelas VI, dan itu bererti materi yang sudah saya sampaikan sebelumnya agak "banyak" yang akan tidak keluar dalam US.
Hal yang menjadi kegelisahan paling besar ialah anak-anaku yang mau tidak mau harus mempelajarai materi baru dengan waktu yang tidak banyak ini. Tetapi kita harus percaya, Allah akan menolong hambaNya yang berusaha. Fighting anak-anak :D
Berikut saya tampilkan, form penilaian Mapel PAI dalam Kurikulum 2103, yang meliputi Penilaian Pengetahuan, Sikap, dan Ketrampilan:
DAFTAR NILAI PENGETAHUAN | ||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : PAdBP | Kelas /Semester : V / I | |||||||||||||||||||||||||
No | Nama | Nilai Ulangan Harian | RATA | UTS | Konversi | Nilai Tertinggi | KD | Deskripsi Raport | ||||||||||||||||||
Pelj 1 | NA | Pelj 2 | NA | Pelja 3 | NA | RATA | UAS/ | Nilai | ||||||||||||||||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | N.U.H | UKK | Akhir | N.Konv | Predikat | |||||||||||||||||
NO. KD >>>> | 3.1 | 3.2 | 3.3 | 3.4 | 3.5 | |||||||||||||||||||||
1 | Dimas Aji Saputra | 78 | 82 | 80 | 74 | 75 | 75 | 78 | 78 | 78 | 80 | 72 | 77 | 3.07 | B- | 82 | 3.3 | ananda sudah dapat mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin dengan benar | ||||||||
2 | Gladis ChantikaP. | 75 | 80 | 78 | 77 | 76 | 77 | 82 | 82 | 79 | 65 | 65 | 72 | 2.87 | B- | 82 | 3.5 | ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||
3 | Ridho Wahyu | 82 | 78 | 80 | 72 | 78 | 75 | 79 | 79 | 78 | 69 | 75 | 75 | 3.00 | B- | 82 | 3.4 | ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad | ||||||||
4 | Rizka Setyo B. | 70 | 77 | 74 | 75 | 73 | 74 | 80 | 80 | 76 | 74 | 65 | 73 | 2.91 | B- | 80 | 3.5 | ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||
5 | Alya Putriyanti | 72 | 83 | 78 | 73 | 79 | 76 | 84 | 84 | 79 | 72 | 72 | 75 | 3.02 | B- | 84 | 3.5 | ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||
6 | Cha-cha Safar H. | 78 | 82 | 80 | 75 | 76 | 76 | 78 | 78 | 78 | 72 | 73 | 75 | 3.00 | B- | 82 | 3.2 | ananda sudah dapat mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi | ||||||||
7 | Herman Efendi | 88 | 84 | 86 | 84 | 85 | 85 | 87 | 87 | 86 | 83 | 82 | 84 | 3.36 | B | 88 | 3.1 | ananda sudah dapat memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui Rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman | ||||||||
8 | Karen Amalia K. | 80 | 82 | 81 | 78 | 82 | 80 | 86 | 86 | 82 | 85 | 76 | 81 | 3.26 | B | 86 | 3.5 | ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||
9 | Kholid Nur R. | 88 | 87 | 88 | 94 | 84 | 89 | 90 | 90 | 89 | 88 | 85 | 88 | 3.50 | B+ | 94 | 3.3 | ananda sudah dapat mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin dengan benar | ||||||||
10 | Laili Fitroh R. | 78 | 85 | 82 | 76 | 80 | 78 | 88 | 88 | 83 | 89 | 71 | 81 | 3.25 | B | 88 | 3.5 | ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||
11 | Liya Reviyati | 82 | 84 | 83 | 80 | 90 | 85 | 88 | 88 | 85 | 87 | 88 | 86 | 3.45 | B | 90 | 3.4 | ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad | ||||||||
12 | Mahdan Pandu D. | 88 | 92 | 90 | 95 | 87 | 91 | 90 | 90 | 90 | 85 | 86 | 88 | 3.52 | B+ | 95 | 3.3 | ananda sudah dapat mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin dengan benar | ||||||||
13 | Nur Fadilah | 73 | 80 | 77 | 82 | 78 | 80 | 88 | 88 | 82 | 79 | 70 | 78 | 3.12 | B- | 88 | 3.5 | ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||
14 | Reyvano Akasya | 87 | 82 | 85 | 80 | 84 | 82 | 90 | 90 | 86 | 83 | 84 | 84 | 3.38 | B | 90 | 3.1 | ananda sudah dapat memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui Rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman | ||||||||
15 | Reza Nur Arifin | 95 | 94 | 95 | 95 | 96 | 96 | 92 | 92 | 94 | 94 | 88 | 93 | 3.70 | A- | 96 | 3.4 | ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad | ||||||||
16 | Rijal Ainur R. | 74 | 87 | 84 | 84 | 82 | 83 | 86 | 86 | 84 | 75 | 86 | 82 | 3.30 | B | 87 | 3.2 | ananda sudah dapat mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi | ||||||||
17 | Syafaqoh A.S | 88 | 90 | 89 | 89 | 95 | 92 | 92 | 92 | 91 | 89 | 86 | 89 | 3.57 | B+ | 95 | 3.4 | ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad | ||||||||
18 | Salsa Amalia | 97 | 95 | 96 | 92 | 94 | 93 | 90 | 90 | 93 | 94 | 90 | 93 | 3.70 | A- | 97 | 3.1 | ananda sudah dapat memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui Rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman | ||||||||
19 | Tiara Putri P. | 83 | 73 | 78 | 82 | 78 | 80 | 90 | 90 | 83 | 72 | 85 | 80 | 3.22 | B | 90 | 3.5 | ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||
20 | Zukhruf Nurul F. | 90 | 94 | 93 | 95 | 96 | 96 | 95 | 95 | 95 | 92 | 90 | 93 | 3.71 | A- | 96 | 3.4 | ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad | ||||||||
21 | Zaldi Perdana | 78 | 85 | 82 | 77 | 78 | 78 | 84 | 84 | 81 | 78 | 70 | 77 | 3.10 | B- | 85 | 3.2 | ananda sudah dapat mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi | ||||||||
22 | Novita Alya R. | 77 | 84 | 81 | 88 | 80 | 84 | 85 | 85 | 83 | 78 | 76 | 80 | 3.20 | B | 88 | 3.3 | ananda sudah dapat mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin dengan benar | ||||||||
23 | I Elang Dwi Putra | 75 | 72 | 74 | 72 | 76 | 74 | 80 | 80 | 76 | 64 | 70 | 71 | 2.86 | B- | 80 | 3.5 | ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||
24 | Triasih Lestari | 90 | 82 | 86 | 82 | 85 | 84 | 88 | 88 | 86 | 85 | 82 | 85 | 3.39 | B | 90 | 3.1 | ananda sudah dapat memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui Rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman | ||||||||
25 | Irdha Istamarra Q. | 84 | 82 | 83 | 86 | 90 | 88 | 88 | 88 | 86 | 79 | 78 | 82 | 3.29 | B | 90 | 3.4 | ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad | ||||||||
26 | David mubarok | 74 | 86 | 80 | 80 | 82 | 81 | 85 | 85 | 82 | 77 | 73 | 78 | 3.14 | B- | 86 | 3.2 | ananda sudah dapat mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi | ||||||||
Keterangan | 3.1 Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi | |||||||||||||||||||||||||
3.2 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman | ||||||||||||||||||||||||||
3.3 Mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan Q.S. At-Tin dengan benar | ||||||||||||||||||||||||||
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna meliputi Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad | ||||||||||||||||||||||||||
3.5 mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia | ||||||||||||||||||||||||||
Nilai akhir adalah rerata (Permendikbud 104 Tahun 2014) | ||||||||||||||||||||||||||
Banteran, 15 Desember 2015 | ||||||||||||||||||||||||||
Megetahui | ||||||||||||||||||||||||||
Kepala Sekolah | Guru PAdBP | |||||||||||||||||||||||||
Sahiro Saputro, S.Pd. | Nurindah Lestari, S.Pd.I. | |||||||||||||||||||||||||
NIP. 19620816 198609 1 001 | NIP. |
DAFTAR NILAI SIKAP SPIRITUAL | ||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran: PAdBP | Kelas /Semester : V / I | |||||||||||||||||||||||||
No. | Nama | Aspek Yang Dinilai | MODUS | KON | Kata Kunci | |||||||||||||||||||||
1. Kejujuran | Mo | 2. Perilaku Hormat | Mo | 3. Suka Menolong | Mo | 4. Mengingatkan dalam kebaikan | Mo | AKHIR | VERSI | Deskripsi | ||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | Dalam Raport | ||||||||||
1 | Dimas Aji Saputra | 3 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 | 2 | 3 | 2 | 3 | 2 | 2 | 3 | B | ananda sudah mulai mengembangkan sikap kejujuran, perilaku hormat, suka menolong, dan mengingatkan dalam kebaikan pada kegiatan sehari-hari. | ||||||
2 | Gladis ChantikaP. | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 2 | 2 | 3 | 2 | 3 | B | ananda sudah mulai mengembangkan sikap kejujuran, perilaku hormat, suka menolong, dan mengingatkan dalam kebaikan pada kegiatan sehari-hari. | ||||||
3 | Ridho Wahyu | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 3 | B | ananda sudah mulai mengembangkan sikap kejujuran, perilaku hormat, suka menolong, dan mengingatkan dalam kebaikan pada kegiatan sehari-hari. | ||||||
4 | Rizka Setyo Budianto | 3 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 2 | 2 | 3 | 2 | 3 | B | ananda sudah mulai mengembangkan sikap kejujuran, perilaku hormat, suka menolong, dan mengingatkan dalam kebaikan pada kegiatan sehari-hari. |
DAFTAR NILAI KETERAMPILAN | |||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran :PAdBP | Kelas/Semester : V / I | ||||||||||||||||||||||||
No | Nama | Nilai Ulangan Harian | Konversi | Kata Kunci | |||||||||||||||||||||
Pelajaran 1 | NA | Pelajaran 2 | NA | Pelajaran 3 | NA | Pelajaran 4 | NA | Pelajaran 5 | NA | Nilai | Deskripsi | ||||||||||||||
UK | PR | PP | UK | PR | PP | UK | PR | PP | UK | PR | PP | UK | PR | PP | Akhir | N.Konv | Predikat | di Raport | |||||||
KD | 4.1 | 4.2 | 4.3 | 4.4 | 4.5 | ||||||||||||||||||||
1 | Dimas Aji Saputra | 85 | 85 | 78 | 78 | 78 | 78 | 80 | 80 | 75 | 85 | 3.40 | B | ananda cukup baik dan masih perlu bimbingan dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin | |||||||||||
2 | Gladis ChantikaP. | 80 | 80 | 75 | 75 | 75 | 75 | 80 | 80 | 75 | 80 | 3.20 | B | ananda cukup baik dan masih perlu bimbingan dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin | |||||||||||
3 | Ridho Wahyu | 84 | 84 | 85 | 85 | 78 | 78 | 82 | 82 | 78 | 85 | 3.40 | B | ananda cukup baik dan masih perlu bimbingan dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin |
12 | Mahdan Pandu D | 92 | 92 | 85 | 85 | 95 | 95 | 90 | 90 | 85 | 95 | 3.80 | A- | ananda sudah sangat baik dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin | |||||||||||
13 | Nur Fadilah | 84 | 84 | 85 | 85 | 85 | 85 | 88 | 88 | 85 | 88 | 3.52 | B+ | ananda sudah baik dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin | |||||||||||
14 | Reyvano Akasya | 80 | 80 | 82 | 82 | 82 | 82 | 86 | 86 | 80 | 86 | 3.44 | B | ananda cukup baik dan masih perlu bimbingan dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin | |||||||||||
15 | Reza Nur Arifin | 95 | 95 | 90 | 90 | 96 | 96 | 90 | 90 | 85 | 96 | 3.84 | A- | ananda sudah sangat baik dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin |
terima kasih telah memberikan contoh cara penilaian supaya bisa jadi panduan bagi kami
BalasHapusada format terbaru lagi. insyaAllah segera di post
Hapussama-sama. ada format penilaian terbaru. segera di post.
BalasHapus