Contoh Format Penilaian mapel PAI Kurikulum 2013

assalamu'allaikum wr.wb.

Malam ini saya akan sedikit "curhat" mengenai pembelajaran PAI pada Kurikulum 2013 di SD tempat saya "belajar" mendidik anak-anak.
Saya akan membahas pembelajaran PAI, wabil khusus pada pembelajaran di kelas VI yang sebentar lagi akan menempuh UN dan US. Mata Pelajaran PAI (PAdBP dalam K.13) merupakan salah satu yang akan diujikan dalam US. Dalam pembelajaran sehari-hari, kami memakai Kurikulum 2013, baik dari perencanaan, materi, hingga evaluasi pembelajarannya. Karena di Kecamatan kami baru hanya SD kami yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, maka ketika diadakan Try Out untuk UN dan US, kami ikut serta dalam kegiatan tersebut. Padahal materi yang diujikan dalam Try Out tersebut merupakan materi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan meteri pembelajaran PAI pada K.13 dan KTSP itu berbeda. Dan akhirnya H-2 sebelum Try Out PAI, saya mengedrill anak-anak saya dengan materi yang belum saya sampaiakan dalam pembelajaran sehari-hari.

Saya masih agak sedikit lega, kendati materinya cukup jauh berbeda dan didrill dadakan, tetapi hasil yang dicapai oleh anak-anak "cukup" memuaskan. Dan hari ini saya dikagetkan kembali, bahwa ada kabar dari SD di kecamatan lain yang juga sudah memakai K.13, bahwa untuk US besok, materi Mata Pelajaran PAI akan disamakan dengan SD lain yang menggunakan KTSP. Itu berarti saya harus kembali menyampaikan materi baru yang belum diajarkan kepada anak-anak kelas VI, dan itu bererti materi yang sudah saya sampaikan sebelumnya agak "banyak" yang akan tidak keluar dalam US.

Hal yang menjadi kegelisahan paling besar ialah anak-anaku yang mau tidak mau harus mempelajarai materi baru dengan waktu yang tidak banyak ini. Tetapi kita harus percaya, Allah akan menolong hambaNya yang berusaha. Fighting anak-anak :D

Berikut saya tampilkan, form penilaian Mapel PAI dalam Kurikulum 2103, yang meliputi Penilaian Pengetahuan, Sikap, dan Ketrampilan:


DAFTAR NILAI PENGETAHUAN

Mata Pelajaran  : PAdBP





Kelas /Semester   :   V / I































No Nama Nilai Ulangan Harian RATA UTS     Konversi Nilai Tertinggi KD Deskripsi Raport
Pelj 1 NA Pelj 2 NA Pelja 3 NA   RATA UAS/ Nilai
1 2 1 2 1 N.U.H UKK Akhir N.Konv Predikat
NO. KD >>>> 3.1 3.2   3.3 3.4   3.5              
1 Dimas Aji Saputra 78 82      80 74 75      75 78      78           78 80         72      77          3.07 B- 82 3.3 ananda sudah dapat mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin dengan benar
2 Gladis ChantikaP. 75 80      78 77 76      77 82      82           79 65         65      72          2.87 B- 82 3.5 ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3 Ridho Wahyu 82 78      80 72 78      75 79      79           78 69         75      75          3.00 B- 82 3.4 ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
4 Rizka Setyo B. 70 77      74 75 73      74 80      80           76 74         65      73          2.91 B- 80 3.5 ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
5 Alya Putriyanti 72 83      78 73 79      76 84      84           79 72         72      75          3.02 B- 84 3.5 ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
6 Cha-cha Safar H. 78 82      80 75 76      76 78      78           78 72         73      75          3.00 B- 82 3.2 ananda sudah dapat mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi
7 Herman Efendi 88 84      86 84 85      85 87      87           86 83         82      84          3.36 B 88 3.1 ananda sudah dapat memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui Rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman
8 Karen Amalia K. 80 82      81 78 82      80 86      86           82 85         76      81          3.26 B 86 3.5 ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
9 Kholid Nur R. 88 87      88 94 84      89 90      90           89 88         85      88          3.50 B+ 94 3.3 ananda sudah dapat mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin dengan benar
10 Laili Fitroh R. 78 85      82 76 80      78 88      88           83 89         71      81          3.25 B 88 3.5 ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
11 Liya Reviyati 82 84      83 80 90      85 88      88           85 87         88      86          3.45 B 90 3.4 ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
12 Mahdan Pandu D. 88 92      90 95 87      91 90      90           90 85         86      88          3.52 B+ 95 3.3 ananda sudah dapat mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin dengan benar
13 Nur Fadilah 73 80      77 82 78      80 88      88           82 79         70      78          3.12 B- 88 3.5 ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
14 Reyvano Akasya 87 82      85 80 84      82 90      90           86 83         84      84          3.38 B 90 3.1 ananda sudah dapat memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui Rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman
15 Reza Nur Arifin 95 94      95 95 96      96 92      92           94 94         88      93          3.70 A- 96 3.4 ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
16 Rijal Ainur R. 74 87      84 84 82      83 86      86           84 75         86      82          3.30 B 87 3.2 ananda sudah dapat mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi
17 Syafaqoh A.S 88 90      89 89 95      92 92      92           91 89         86      89          3.57 B+ 95 3.4 ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
18 Salsa Amalia 97 95      96 92 94      93 90      90           93 94         90      93          3.70 A- 97 3.1 ananda sudah dapat memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui Rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman
19 Tiara Putri P. 83 73      78 82 78      80 90      90           83 72         85      80          3.22 B 90 3.5 ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
20 Zukhruf Nurul F. 90 94      93 95 96      96 95      95           95 92         90      93          3.71 A- 96 3.4 ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
21 Zaldi Perdana 78 85      82 77 78      78 84      84           81 78         70      77          3.10 B- 85 3.2 ananda sudah dapat mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi
22 Novita Alya R. 77 84      81 88 80      84 85      85           83 78         76      80          3.20 B 88 3.3 ananda sudah dapat mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin dengan benar
23 I Elang Dwi Putra 75 72      74 72 76      74 80      80           76 64         70      71          2.86 B- 80 3.5 ananda sudah dapat mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
24 Triasih Lestari 90 82      86 82 85      84 88      88           86 85         82      85          3.39 B 90 3.1 ananda sudah dapat memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui Rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman
25 Irdha Istamarra Q. 84 82      83 86 90      88 88      88           86 79         78      82          3.29 B 90 3.4 ananda sudah dapat mengerti makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad
26 David mubarok 74 86      80 80 82      81 85      85           82 77         73      78          3.14 B- 86 3.2 ananda sudah dapat mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi


                     
 









Keterangan 3.1  Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul 'Azmi








3.2 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman








3.3 Mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan Q.S. At-Tin dengan benar








3.4 Mengerti makna Asmaul Husna meliputi Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad








3.5 mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
































Nilai akhir adalah rerata (Permendikbud 104 Tahun 2014)




























Banteran, 15 Desember 2015








Megetahui





















Kepala Sekolah








Guru PAdBP

























































Sahiro Saputro, S.Pd.








Nurindah Lestari, S.Pd.I.









NIP. 19620816 198609 1 001 








NIP.














DAFTAR NILAI SIKAP SPIRITUAL

Mata Pelajaran: PAdBP















Kelas /Semester   :   V / I





























No. Nama Aspek Yang Dinilai MODUS KON Kata Kunci
1. Kejujuran Mo 2. Perilaku Hormat Mo 3. Suka Menolong Mo 4. Mengingatkan dalam kebaikan Mo AKHIR VERSI Deskripsi
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4     Dalam Raport
1 Dimas Aji Saputra 3 2 3              3 3 2 3        3 3 3 2        3 2 3 2        2            3 B ananda sudah mulai mengembangkan sikap kejujuran, perilaku hormat, suka menolong, dan mengingatkan dalam kebaikan pada kegiatan sehari-hari.
2 Gladis ChantikaP. 3 3 3              3 3 3 2        3 3 2 3        3 2 2 3        2            3 B ananda sudah mulai mengembangkan sikap kejujuran, perilaku hormat, suka menolong, dan mengingatkan dalam kebaikan pada kegiatan sehari-hari.
3 Ridho Wahyu 3 3 2              3 3 2 3        3 3 3 3        3 3 2 3        3            3 B ananda sudah mulai mengembangkan sikap kejujuran, perilaku hormat, suka menolong, dan mengingatkan dalam kebaikan pada kegiatan sehari-hari.
4 Rizka Setyo Budianto 3 2 3              3 3 2 3        3 3 2 3        3 2 2 3        2            3 B ananda sudah mulai mengembangkan sikap kejujuran, perilaku hormat, suka menolong, dan mengingatkan dalam kebaikan pada kegiatan sehari-hari.

DAFTAR NILAI KETERAMPILAN

Mata Pelajaran :PAdBP












Kelas/Semester : V / I


























No Nama Nilai Ulangan Harian   Konversi Kata Kunci
Pelajaran 1 NA Pelajaran 2 NA Pelajaran 3 NA Pelajaran 4 NA Pelajaran 5 NA Nilai Deskripsi
UK PR PP UK PR PP UK PR PP UK PR PP UK PR PP Akhir N.Konv Predikat di Raport
KD 4.1       4.2       4.3       4.4       4.5              
1 Dimas Aji Saputra 85       85 78         78 78        78 80        80    75              85     3.40 B ananda cukup baik dan masih perlu bimbingan dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin
2 Gladis ChantikaP. 80       80 75         75 75        75 80        80    75              80     3.20 B ananda cukup baik dan masih perlu bimbingan dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin
3 Ridho Wahyu 84       84 85         85 78        78 82        82    78              85     3.40 B ananda cukup baik dan masih perlu bimbingan dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin
12 Mahdan Pandu D 92       92 85         85 95        95 90        90    85              95     3.80 A- ananda sudah sangat baik dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin
13 Nur Fadilah 84       84 85         85 85        85 88        88    85              88     3.52 B+ ananda sudah baik dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin
14 Reyvano Akasya 80       80 82         82 82        82 86        86    80              86     3.44 B ananda cukup baik dan masih perlu bimbingan dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin
15 Reza Nur Arifin 95       95 90         90 96        96 90        90    85              96     3.84 A- ananda sudah sangat baik dalam membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan Q.S. Al-Ma'un dan At-Tin




Komentar

  1. terima kasih telah memberikan contoh cara penilaian supaya bisa jadi panduan bagi kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada format terbaru lagi. insyaAllah segera di post

      Hapus
  2. sama-sama. ada format penilaian terbaru. segera di post.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PAI kurikulum 2013 terbaru kelas V

Materi PAI kelas VII (Perilaku Terpuji)