RPP Akidah Akhlak bab Akhlak terpuji
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun dan
Diajukan guna Memenuhi Tugas Terstruktur
Mata Kuliah :
Pembelajaran Akidah Akhlak
Dosen Pengampu
: Dr. Musta’in, S.Pd., M.Si.
Disusun Oleh:
Desi Eka
Rustiana 1123301005
Annisa
Uzzakiyah 1123301124
Nurindah
Lestari 1123301138
Margi Untung A. 1123301149
Anisa Fahmi 1123301153
Intan
Nurmilasari 1123301151
JURUSAN
TARBIYAH/ 7PAI 4
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI
PURWOKERTO
2014
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
MA . . .
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Aqidah Akhlak
|
Kelas / Semester
|
:
|
X / 1
|
StandarKompetensi
|
:
|
6. Menerapkan akhlak Terpuji kepada sesama manusia
|
KompetensiDasar
|
:
|
6.1 Menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun
|
Indikator
|
:
|
6.3.1 Menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun
|
AlokasiWaktu
|
:
|
2 X 45menit ( 1kali pertemuan)
|
I.TujuanPembelajaran:
Dengan menggunakan strategi Power Point
dan Games (permainan) siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian
Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun.
|
II.
Karakter Peserta didik yang diharapkan : Bekerjasama (cooperation),
Rasa Hormat dan perhatian (respect), Berani (bravery), Tanggung jawab (responsibility)
|
III. Materi Pembelajaran :
|
IV. MetodePembelajaran :
|
V. Langkah-langkahPembelajaran:
No
|
KegiatanPembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
KegiatanAwal
|
1menit
|
||
1
|
Menyampaikan apersepsi
|
k
|
|
KegiatanInti
|
|||
2
|
Eksplorasi
:
Guru menyampaikan materi sekilas tentang pengertian
Akhlak Terpuji sesama manusia meliputi husnuzan, tawaduk, tasamuh dan ta’awun
dengan menggunakan power point yang telah guru persiapkan sebelumnya. Setelah
itu, guru memfasilitasi siswa untuk bertanya apabila ada yang belum jelas
|
k/g
|
2menit
|
3
|
Elaborasi.
Guru menggunakan strategi permainan yang bertujuan
untuk lebih memahamkan siswa dan membuat siswa aktif dan agar suasana kelas
lebih menyenangkan. Dalam permainan ini, guru membagi para peserta didik ke
dalam kelompok pemain dan kelompok pengamat. Kelompok permain terdiri dari
dua kelompok ditugaskan untuk melakukan permainan. Untuk satu kelompok yang lain bertugas sebagai pengamat. Yang mengamati jalanya
permainan. Kemudian, guru menjelaskan tata cara permainan.
Guru memegang kartu pancing yang soal berisi materi
yang sudah dijelaskan sedangkan setiap pemain memperoleh pembagian satu set
kartu jawaban yang jumlahnya sama dengan jumlah kartu pancing.
Untuk pertama kalinya guru berfungsi sebagai pemenang
dengan cara menurunkan atau memperlihatkan susunan kartu pancingnya
Masing- masing kelompok berusaha menjawab pertanyaan
yang di berikan guru (melalui kartu pancingnya) dengan cara menurunkan atau
memperlihatkan kartu. Siswa harus menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar.
Tugas pengamat adalah mengamati
jawaban yang dilontarkan oleh kelompok pemain benar atau salah.
Kelompok yang menjawab dengan cepat dan benarakan
memperoleh nilai 100.
Guru menghentikan permainan apabila waktu permainan
dianggap selesai. Siswa dengan nilai terbanyak menjadi pemenang dan guru
mengapresiasikannya dengan memberi hadiah.
|
k/g
|
8menit
|
4
|
Korfirmasi
:
Guru bersama dengan seluruh anggota kelas bersama
mengucapkan dengan suara keras tentang materi yang telah dipelajari
Guru memotivasi dan memfasilitasi siwa agar mau
bertanya..
|
k/g
|
1 menit
|
Penutup
|
|||
5
|
Guru
menyimpulkan bahwa setelah mengetahui pengertian akhlak terpuji sesama
manusia. Peserta didik harus menerapkan dalam kehidupan sehari- hari.
|
k
|
1menit
|
6
|
Evaluasi/tes akhir ( terlampir
)
|
i
|
1menit
|
Keterangan:
i = Individual; p = berpasangan; g = group;
k = klasikal.
VI. Sumber Pembelajaran :
·
Buku
paket Akidah Akhlak kelas X
·
Literatur
lain yang relevan
·
Slide
Power Point
VII. Media Pembelajaran :
LCD, Laptop dan Kartu pancing
|
VI. Penilaian:
Alat Tes:
- Tes proses:
-
Tugas Rumah (Take Home)
Carilah
dalil naqli (ayat-ayat al-Quran atau hadits Nabi SAW) yang menjelaskan
tentang Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Komentar
Posting Komentar