RPP Akidah Akhlak bab Akhlak terpuji



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Picture1.jpg

Disusun dan Diajukan guna Memenuhi Tugas Terstruktur
Mata Kuliah : Pembelajaran Akidah Akhlak
Dosen Pengampu : Dr. Musta’in, S.Pd., M.Si.



Disusun Oleh:
Desi Eka Rustiana                  1123301005
Annisa Uzzakiyah                   1123301124
Nurindah Lestari                    1123301138
Margi Untung A.                    1123301149
Anisa Fahmi                            1123301153
Intan Nurmilasari                   1123301151


JURUSAN TARBIYAH/ 7PAI 4
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PURWOKERTO
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
MA . . .
Mata Pelajaran
:
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester
:
X / 1
StandarKompetensi
:
6. Menerapkan akhlak Terpuji kepada sesama manusia
KompetensiDasar
:
6.1 Menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun
Indikator
:
6.3.1 Menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun
AlokasiWaktu
:
2 X  45menit ( 1kali pertemuan)

I.TujuanPembelajaran: Dengan menggunakan strategi Power Point dan Games (permainan) siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun.

II. Karakter Peserta didik yang diharapkan : Bekerjasama (cooperation), Rasa Hormat dan perhatian (respect), Berani (bravery), Tanggung jawab (responsibility)

III. Materi Pembelajaran :
  • Akhlak terpuji kepada sesama manusia

IV. MetodePembelajaran :
  • Ceramah (power point)
  • Games (permainan)

V. Langkah-langkahPembelajaran:
No
KegiatanPembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu

KegiatanAwal


1menit
1
Menyampaikan  apersepsi
k





KegiatanInti


2
Eksplorasi :
Guru menyampaikan materi sekilas tentang pengertian Akhlak Terpuji sesama manusia meliputi husnuzan, tawaduk, tasamuh dan ta’awun dengan menggunakan power point yang telah guru persiapkan sebelumnya. Setelah itu, guru memfasilitasi siswa untuk bertanya apabila ada yang belum jelas
k/g
2menit
3
Elaborasi.
Guru menggunakan strategi permainan yang bertujuan untuk lebih memahamkan siswa dan membuat siswa aktif dan agar suasana kelas lebih menyenangkan. Dalam permainan ini, guru membagi para peserta didik ke dalam kelompok pemain dan kelompok pengamat. Kelompok permain terdiri dari dua kelompok ditugaskan untuk melakukan permainan. Untuk  satu kelompok yang lain bertugas  sebagai pengamat. Yang mengamati jalanya permainan. Kemudian, guru menjelaskan tata cara permainan.
Guru memegang kartu pancing yang soal berisi materi yang sudah dijelaskan sedangkan setiap pemain memperoleh pembagian satu set kartu jawaban yang jumlahnya sama dengan jumlah kartu pancing.
Untuk pertama kalinya guru berfungsi sebagai pemenang dengan cara menurunkan atau memperlihatkan susunan kartu pancingnya
Masing- masing kelompok berusaha menjawab pertanyaan yang di berikan guru (melalui kartu pancingnya) dengan cara menurunkan atau memperlihatkan kartu. Siswa harus menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar. Tugas pengamat adalah  mengamati jawaban yang dilontarkan oleh kelompok pemain benar atau salah.
Kelompok yang menjawab dengan cepat dan benarakan memperoleh nilai 100.
Guru menghentikan permainan apabila waktu permainan dianggap selesai. Siswa dengan nilai terbanyak menjadi pemenang dan guru mengapresiasikannya dengan memberi hadiah.
k/g
8menit
4
Korfirmasi :
Guru bersama dengan seluruh anggota kelas bersama mengucapkan dengan suara keras tentang materi yang telah dipelajari
Guru memotivasi dan memfasilitasi siwa agar mau bertanya..
k/g
1 menit

Penutup


5
Guru menyimpulkan bahwa setelah mengetahui pengertian akhlak terpuji sesama manusia. Peserta didik harus menerapkan dalam kehidupan sehari- hari.
k
1menit
6
Evaluasi/tes akhir ( terlampir )
i
1menit
Keterangan: i = Individual;   p = berpasangan;   g = group;   k = klasikal.

VI. Sumber Pembelajaran :
·         Buku paket Akidah Akhlak kelas X
·         Literatur lain yang relevan
·         Slide Power Point
VII. Media Pembelajaran :
LCD, Laptop dan Kartu pancing


VI. Penilaian:

Alat Tes:
-          Tes proses:
NO
Indikator
NILAI
1
2
3
4
5
1
Keaktifan dalam metode ceramah





2
Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan





3
Keaktifan dalam bekerja sama dalam metode games






-          Tugas Rumah (Take Home)

Carilah dalil naqli (ayat-ayat al-Quran atau hadits Nabi SAW) yang menjelaskan tentang Husnuzan, tawaduk, tasamuh, dan ta’awun.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Format Penilaian mapel PAI Kurikulum 2013

RPP PAI kurikulum 2013 terbaru kelas V

Materi PAI kelas VII (Perilaku Terpuji)