RPP PAI SD Kurikulum 2013



SD Negeri 3 Banteran merupakan salah satu dari 12 SD di Kabupaten Banyumas dan satu-satunya di Kecamatan Wangon yang sudah menerapkan pembelajaran dengan sistem Kurikulum 2013 (Kurtilas). Dalam hal administrasi (terutama pembuatan RPP), sudah bersifat mandiri dan dibuat langsung oleh guru, terutama bagi guru mata pelajaran.  Oleh karena itu guru harus dapat membuat RPP-nya sendiri sesuai dengan ketentuan dalam Kurtilas.

Nah berikut ini, saya coba tampilkan contoh RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAdBP) yang sudah saya buat. Tentunya masih amat sangat banya kekurangan disana-sini pada RPP yang saya buat. Kritik dan saran yang membangun bisa diuatarakan.
^_^

Contoh 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SD Negeri 3 Banteran
Kelas/Semester
:
I / Genap
Tema
:
Ayo Belajar
Sub Tema
:
Semangat Belajar Nabi Idris a.s.
Alokasi waktu
:
1 kali pertemuan (3 jam pelajaran)
                   
A.  Kompetensi Inti
KI-1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
KI-3 
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  Kompetensi Dasar
3.9
Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.


C.  Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
·      Menceritakan kisah Nabi Idris a.s.;
·      Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.;
·      Menyebutkan peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Idris a.s.;
·      Menunjukkan sikap terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.

D.  Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9.1
Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.
3.9.2
Menceritakan kisah Nabi Idris a.s.
4.9.1
Menyebutkan peristiwa-peristiwa yang dialami oleh  Nabi Idris a.s.
4.9.2
Menjelaskan perjalanan hidup Nabi Idris a.s.
4.9.3
Menunjukan perilaku semangat/rajin belajar
E.  Materi Pembelajaran
1.      Teladan Nabi Idris a.s.
2.      Semangat Belajar
F.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
·      Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·      Guru menyapa peserta didik.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Inti
1.    Mengamati
·      Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang belajar lalu menceritakan isi gambar.
2.    Menanya
·      Guru menanyakan siapa Nabi yang diturunkan sesudah Nabi Adam a.s.
·      Peserta didik mengemukakan pendapat maupun pertanyaannya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.
·      Guru memberi pujian kepada peserta didik atas jawabannya, kemudian menyebutkan nama nabi yang akan dibahas.
3.    Mengumpulkan Informasi/Mencoba
·      Guru menceritakan kisah singkat Nabi Idris a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap rajin belajar Nabi Idris a.s. sehingga Ia jadi pandai.
·      Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan cerita singkat Nabi Idris a.s., fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani,
4.    Menalar/Mengasosiasi
·      Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu rajin belajar”.
·      Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada sikap rajin belajar.
·      Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
5.    Mengkomunikasikan
·      Peserta didik dengan bimbingan guru menyampaikan hasil pengisian kolom “ayo kerjakan”.
·      Guru membimbing peserta didik untuk menyanyikan lagu “Ayo Belajar” bersama-sama.
100 menit
Penutup
·      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu.
·      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
·      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok bagi peserta didik.
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·      Salam dan doa penutup
20 menit
G. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.    Penilaian
·      Tes
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo berlatih” (dengan menyebutkan 2 sifat terpuji Nabi Idris a.s.).
NA = Perolehan nilai x 100
Jumlah skor

Penskoran
Benar dan lengkap                = 100
Benar dengan 1 jawaban       = 20
Tidak menjawab/salah           = 0
Kunci jawaban:
1)   rajin belajar
2)   taat kepada Allah
3)   rajin belajar
4)   ajaran Islam
5)   (jawaban dikembangkan guru)
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai
dengan kebutuhan peserta didik.
·      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan Sikap Rajin Belajar
No
Nama Peserta didik
Aspek yang diamati
Keterangan
1
2
3
4
































































Aspek yang dinilai:
1. Keaktifan
2. Kerjasama
4. Keberanian berpendapat
5. Kemampuan berbahasa
Skor penilaian :
Skor perolehan
Nilai                =                                  x  100
Skor Maksimal                                   
Kriteria Nilai
A       = 80 – 100       :Baik Sekali    
B       = 70 – 79         :Baik
C       = 60 – 69         :Cukup
D       = ‹60                :Kurang

Guru juga melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan pada kolom “ayo berlatih”.
Rubrik Penilaian
No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan :
*4 =  Sangat Baik                   3 =  Baik
  2 =  Sedang                           1 =  Kurang baik
Rentang Skor          =  Skor Maksimal – Skor Minimal
                               =  16 - 4
                               =  12/4
                               =  3
MK   =  14 - 16
MB   =  11 - 13
MT    =  7 - 10
BT     =  4 -   6

Keterangan:
BT
:
Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT
:
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB
:
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK
:
Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).
              
2.    Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa kisah nabi Idris a.s. lengkap
yang sudah disiapkan untuk menambah penguasaan materi. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
3.    Remidial
Guru menjelaskan kembali materi keteladanan Nabi Idris a.s. dan melakukan penilaian kembali (lihat butir 5) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

 
H.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Mediadan sumber belajar  yang digunakan dalam pembelajaran dengan tema Cinta Nabi dan Rasul antara lain: buku siswa dan video anak bertema semangat belajar.




                                                                               Banteran, 21 Desember 2015

Mengetahui,


Kepala Sekolah



Sahiro Saputro, S.Pd.
NIP. 19680816 198608 1 001
Guru PAdBP



Nurindah Lestari, S.Pd.I.
NIP.-






Contoh 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SD Negeri 3 Banteran
Kelas/Semester
:
IV / Genap
Tema
:
Surat Al-Ma’un dan Al-Fiil
Sub Tema
:
Surat Al-Ma’un dan Al-Fiil
Alokasi waktu
:
2 kali pertemuan (4 jam pelajaran)
                   
A.  Kompetensi Inti
KI-1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
KI-3 
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  Kompetensi Dasar
3.6
Mengetahui Q.S. al-Falaq, al-Mn‘µn dan al-Fiil dengan baik dan benar.
4.6.1
Membaca Q.S. al-Falaq, al-Mā’µn,dan al-Fiil dengan tartil.
4.6.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq, al-Mā’µn,dan al-Fiil dengan  benar.
4.6.3 
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq, al-Mā’µn, dan al-Fiil dengan lancar

C.  Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
·      Mengetahui Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil dengan baik dan benar.
·      Membaca Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil dengan tart³l.
·      Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil dengan lancar.
·      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil dengan benar.

D.  Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1
Mengetahui Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil dengan baik dan benar.
4.6.1
Membaca Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil dengan tart³l.
4.6.2
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil dengan lancar.
4.6.3
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil dengan benar.
E.  Materi Pembelajaran
Surat Al-Ma’un dan Al-Fiil beserta terjemahnya.
F.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
·      Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·      Guru menyapa peserta didik.
·      Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat arti Q.S. al-Mā’µn dan Al-Fiil, alasan diturunkan dan isi kandungannya
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Inti
1.    Mengamati
·      Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta peserta didik untuk mengamati gambar yang tertera pada permulaan Sub-sub Pelajaran 1.
·      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
2.    Menanya
·      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
·      Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.
·      Guru memberi pujian kepada peserta didik atas jawabannya.
·      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
3.    Mengumpulkan Informasi/Mencoba
·      Pada pembelajaran membaca Q.S. al-Mā’µn dan Al-Fiil, guru memberikan contoh bacaan yang benar.
·      Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama.
·      Selanjutnya,ditunjuk beberapa peserta didik untuk melafalkannya dengan benar.
·      Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S. al-Mā’µn dan Al-Fiil yang benar.Peserta didik menirukan bacaan Q.S. al-Mā’µn dan Al-Fiil bersama-sama.
·      Selanjutnya, ditunjuk beberapa peserta didik untuk membaca.
4.    Menalar/Mengasosiasi
·      Selanjutnya, Sebelum masuk pada inti pembelajaran menghafal, guru terlebih dahulu meminta peserta didik untuk mengamati gambar yang tertera pada permulaan Sub-sub Pelajaran
·      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
·      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
·      Pada pembelajaran menghafal Q.S. al-Mā’µn, guru memberikan contoh menghafal yang benar.
·      Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S. al-Mā’µndengan suara jelas ayat 1 s.d. 2, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali).
·      Mengikuti langkah poin 1, diteruskan ayat 3 s.d. 7.
·      Lakukan pola ayat 1 s.d. 5 (lakukan sebanyak 2-3 kali).
·      Diteruskan pola ayat 6 s.d. 7 (lakukan sebanyak 2-3 kali).
·      Pola terakhir ayat 1 s.d. 7 (satu surat utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
·      Selanjutnya, guru meminta peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk menghafal Q.S. al-Mā’µn secara bergantian.
·      Bila belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 5 s.d. 10
·      Lakukan hal yang sama pada saat hafalan surat Al-Fiil
·      Sebelum masuk pada inti pembelajaran menulis, guru terlebih dahulu meminta peserta didik untuk mengamati gambar yang tertera pada permulaan Sub-sub Pelajaran 3.
·      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
·      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
·      Pada pembelajaran menulis Q.S. al-Mā’µn, guru memberikan contoh menulis yang benar.
·      Guru menulis beberapa penggalan ayat Q.S. al-Mā’µnpada papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada tulisan penggalan ayat tersebut untuk mengetahui posisi rangkaian masing-masing hurufnya.
·      Pada saat yang bersamaan, peserta diminta untuk mencermati cara penulisannya.
·      Guru menunjuk peserta didik secara bergantian untuk mempraktikkan penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah dicontohkan.
·      Guru meminta agar semua peserta menyalin beberapa penggalan ayat tersebut secara berulang pada buku tulis. Bila sudah banyak yang mampu menulis secara individu, peserta didik diminta untuk menyalin Q.S. al-Mā’µn pada buku tulis masing-masing.
5.    Mengkomunikasikan
·      Guru mempersilahkan beberapa peserta didik untuk menunjukan hafalan suratnya didepan kelas, beserta kandungan suratnya.
125 menit
Penutup
·      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu.
·      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
·      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok bagi peserta didik.
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·      Salam dan doa penutup
20 menit

G. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.    Penilaian
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menulis Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil sebagai berikut: 
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil sebagai berikut:

No
Nama Peserta Didik
Kategori
Lancar
Sedang
Kurang Lancar

























Keterangan:
Lancar                       : hafalan lancar dan tepat tajwidnya
Sedang                      : hafalan agak lancar tajwid sudah mulai diterapkan
Kurang Lancar          : hafalan tersendat-sendat
2.    Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta untuk mendampingi temannya (tutor sebaya) untuk melancarkan bacaan, hafalan dan tulisan Q.S. al-Mā’µn dan al-Fiil. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai atau berupa pujian bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan). peserta didik.
3.    Remidial
Jika ada peserta didik yang belum lancar membaca, menghafal, dan menulis, guru memberikan kembali contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Q.S.al-Mā’µn dan al-Fiil yang benar. Peserta didik diminta mengikuti cara membaca, menghafal dan menulis yang benar dan menirukannya secara berulang. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam belajar selesai (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5). pulang.

H.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media dan sumber belajar  yang digunakan dalam pembelajaran dengan tema Q.S.al-Mā’µn dan al-Fiil antara lain: buku siswa dan juz ‘amma.





                                                                               Banteran, 21 Desember 2015

Mengetahui,

Kepala Sekolah



Sahiro Saputro, S.Pd.
NIP. 19680816 198608 1 001
Guru PAdBP



Nurindah Lestari, S.Pd.I.
NIP.-


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Format Penilaian mapel PAI Kurikulum 2013

RPP PAI kurikulum 2013 terbaru kelas V

Materi PAI kelas VII (Perilaku Terpuji)